Sunday, August 21, 2016

Pengertian Dropship dan Sistem Cara Kerja Dropship

Pengertian Dropship, apa itu dropship? Mungkin anda sering mendengar kata-kata dropship. Bila anda memiliki usaha jualan baju secara online maka mungkin ada beberapa yang bertanya kepada anda bisa dropship apa tidak? Dan mungkin bagi anda yang memiliki keterbatasan modal maka dropship mungkin salah satu yang bisa menjadi alternatif peluang usaha anda.
Dengan dropship maka pemilik pelaku usaha dapat mengembangkan jaringan ataupun memiliki pasar yang jauh lebih luas. Dan bagi pelaku dropshipper maka anda dapat mempunyai suatu produk untuk dijual tanpa anda harus memiliki produknya. Mungkin anda bertambah bingung apa sebenarnya dropship itu. Perhatikan skema gambar di bawah, skema di bawah membuat anda lebih memahami apa pengertian dropship.
pengertian dropship

Pengertian Dropship

Skema dropship diatas sudah lumayan menggmbarkan bagaimana pengertian dropship dan bagaimana cara kerja dari dropship. Pengertian dropship adalah tehnik pemasaran dimana penjual dimana penjual tidak menyimpan stok barang, dan dimana jika penjual mendapatkan order maka penjual akan meneruskan pesanannya ke distributor/supplier. Lalu supplier akan mengirim barang tersebut dengan menggunakan nama anda. Dengan cara begini maka anda seolah-olah memiliki toko pribadi dengan stok barang yang lengkap.

 

Keuntungan Dropship

1. Anda tidak perlu stok banyak barang, dan anda tidak perlu takut produk yang anda jual sudah tidak trend dan tidak laku, anda dapat mencampur barang dengan supplier yang berbeda,
2. Dapat menentukan harga jual sendiri, karena pembeli akan mentransfer uang kepada anda, dan kemudian anda membayar ke supplier sesuai dengan kesepakatan.
3. Tidak perlu sewa toko/gudang sehingga biaya sangat minim bahkan tanpa modal
4. Tidak perlu repot mengemas dan mengirim barang.
5. Nama anda/toko anda akan ditulis sebagai pengirim barang sehingga pembeli tidak tahu supplier aslinya.

Dan Keuntungan bagi supplier menerapkan sistem dropship

1. Pasar lebih luas karena anda terbantu oleh sistem jaringan
2. Produk lebih cepat laku
Namun bagi anda yang ingin terjun ke dunia dropship harus berhati-hati, karena tidak semua supplier jujur dan tidak semua pembeli jujur. Pilihlah supplier yang telah terpercaya, dan pastikan supplier mengirimkan barang pesanan kepada pembeli. Dan pastikan anda telah menerima uang dari pembeli, jangan order ke supplier tanpa menerima uang pembelian, karena bisa saja supplier telah mengirim barang namun uang tidak dibayarkan oleh pembeli. Dengan demikian pasti anda yang harus menggantinya.
Bisnis dropship sangat menguntungkan dan dapat dilakukan dari rumah, selamat mencoba. Demikian pengertian dropship semoga bermanfaat bagi anda yang sedang ingin terjun ke dunia dropship.

No comments:

Post a Comment