Sunday, August 21, 2016

Peluang Usaha Ternak Ayam Kampung & Peternakan Ikan Air Tawar

 

Melihat judul diatas,tentu anda akan berfikir bahwa ini adalah 2 usaha yang berbeda, yaitu usaha ternak ayam kampung dan peluang usaha ternak ikan air tawar. Namun, pada artikel kali ini kami membahas 2 peluang usaha ini yang kami jadikan sebagai 1 usaha jadi , untuk meraup keuntungan yang besar guna meningkatkan ekonomi anda.
Peluang Usaha yang satu ini mungkin masih belum banyak yang dijalankan oleh seorang peternak ayam atau pengusaha perikanan, namun tentunya ini adalah sebuah ide bisnis cemerlang yang bisa anda jalankan dengan modal yang tida terlalu besar. Berikut ini kami berikan perkiraan modal usaha untuk usaha peternakan ayam kampung dan peternakan ikan air tawar.

Perkiraan Modal Usaha Ternak Ayam Kampung + Peternakan Ikan Air Tawar

Untuk menjalankan peluang usaha yang menjanjikan satu ini, anda butuh tempat dengan sistem pengairan yang cukup , jika itu sudah tersedia, maka yang selanjutnya hanyalah modal untuk pembelian bibit ayam dan ikan saja. Pada Peluang usaha peternakan kali ini, kami membuat usaha yang sejenis dengan tumpang sari, jika diibaratkan dengan pertanian. Yang mana, pada prosesnya kandang ayam untuk usaha peternakan ayam kampung dibuat diatas kolam ikan air tawar yang akan menjadi usaha sampingan anda nantinya. Kandang ayam bisa dibuat permanen, atau juga bisa dibuat dengan menggunakan bambu sebagai dinding dan lantai kandang ayam yang akan anda pelihara. Berikut ilustrasi usaha peternakan ayam kampung dan peternakan ikan air tawar ini.
Berikut perkiraan modal usaha ternak ayam kampung dan ternak ikan air tawar, dengan Asumsi luas lahan peternakan adalah 10 meter persegi ( 10 m2 )
Barang Biaya
Bambu            400.000
Paku Dll              50.000
Tempat Makanan Ayam              50.000
Wadah Minuman Ayam              50.000
Pakan Ternak Ayam        1.500.000
Anak Ayam @ 50 ekor        1.000.000
Bibit Ikan @ 3000 ekor        1.500.000
Total        4.550.000

Prospek Bisnis Usaha Peternakan Ayam Kampung dan Ternak Ikan Air Tawar

Berbicara mengenai Prospek Keuntungan, Omset dan lainnya, tentunya ini dipengaruhi oleh takdir dari Yang Maha Kuasa, namun dengan usaha dan ikhtiar yang tekun, InsyaAllah anda akan memperoleh keuntungan sesuai dengan usaha dan kerja keras anda. Dengan asumsi seperti perkiraan modal tersebut diatas, maka prospek keuntungan yang akan diperoleh adalah sebagai berikut :
Dalam hal usaha ternak ayam kampung dan ternak ikan air tawar ini, anda akan menikmati banyak panen, seperti telur ayam kampung, penjualan ayam kampung,dan penjualan ikan. Biasanya untuk usaha peternakan ayam kampung, pada bulan ketiga anda sudah bisa menikmati hasilnya. Biasanya untuk usia ayam kampung 3 bulanan, sudah besar dan bisa dijual kembali.

Dengan pemeliharaan 50 ekor ayam kampung, jika 60 % diantaranya adalah ayam betina , maka anda bisa menikmati panen telur ayam kampung sebelum menjual kembali ayam kampung tersebut. jika 1 ayam saja menghasilkan 5 telur ayam, maka 30 ekor ayam akan menghasilkan 150 butir telur ayam kampung, dengan harga jual minimal Rp. 1.500,-. Maka menghasilkan tambahan senilai Rp. 225.000,-. Namun, jika anda mau menunggu lebih lama, maka anda akan mendapatkan keuntungan yang lebih besar dengan penjualan anak ayam. Saat ini harga anak ayam kampung, berkisar pada harga Rp. 20.000,- / ekor. Jika dari 150 telur yang dihasilkan, kalau saja yang 100 hidup maka anda bisa mendaparkan keuntungan sebesar Rp. 2.000.000,- dari hasil penjualan anak ayam saja. Untuk penjualan induk ayam dan ayam kampung jantan, perkiraannya untuk harga ayam kampung betina dewasa adalah diatas Rp. 80.000,- / ekor dan Rp. 100.000,-  ekor untuk ayam jantannya. Berarti dari 20 ekor ayam jantan dan 30 ekor ayam betina, anda bisa mendapatkan income sebesar 30 x 100.000,- = Rp. 3.000.000,- dan 20 x Rp. 150.000,- = Rp. 3.000.000,- , total Rp. 6.000.000,-
Peluang Usaha Ternak Ayam Kampung & Peternakan Ikan Air Tawar
Ilustrasi Usaha Ternak Ayam dan Ikan Air Tawar
Itu, baru dihitung dari keuntungan ayam kampung saja, belum termasuk ikan, untuk peternakan ikan biasanya baru akan menghasilkan setelah usia peternakan selama 4 bulan. Untuk 3000 ekor ikan, jika saja 2500 ikan tetap hidup sampai masa panen, maka akan menghasilkan ikan seberat minimal 300 kg, dan maka total hasil yang bisa anda dapatkan adalah Rp. 4.500.000,- dari hasil panen ikan ini.
Nah, itulah pembahasan kami mengenai Peluang Usaha Ternak Ayam Kampung dan Ternak Ikan Air Tawar pada satu tempat, berikut dengan Prospek Bisnis Ternak Ayam kampung dan Prospek Usaha Ternak Ikan Air Tawar. Semoga artikel ini bisa membantu anda menemukan inspirasi ide bisnis yang bagus untuk anda dan masa depan anda.


 

No comments:

Post a Comment