Sunday, August 21, 2016

Mencari Medan Bisnis yang Potensial Tidak Boleh Sembarangan

Medan bisnis atau lokasi bisnis yang potensial untuk menjalankan suatu usaha tentu tidak bisa dicari secara sembarangan. Jika Anda mencari lokasi secara asal-asalan, maka usaha Anda pun akan berjalan secara asal-asalan. Berbeda halnya apabila Anda mendapatkan lokasi atau medan yang benar-benar potensial dan prospek kedepannya sangat cerah.
Bisnis yang Anda jalankan pun pasti akan berjalan sesuai harapan. Lokasi adalah salah satu modal penting yang harus Anda miliki selain modal finansial ataupun mental. Nah, pada artikel kali ini kami akan menyampaikan beberapa kriteria pemilihan lokasi bisnis yang baik supaya bisa mendukung kesuksesan usaha Anda.

Kriteria Pemilihan Medan Bisnis yang Baik

Pemilihan lokasi bisnis sangat menentukan keberhasilan usaha yang Anda jalankan. Pasalnya lokasi sangat menentukan seberapa banyak orang yang akan menjadi konsumen Anda dan akan seberapa mudah usaha Anda dikenal oleh orang. Lalu faktor-faktor apa saja yang menjadi kriteria lokasi bisnis yang potensial? Simak penjelasan selengkapnya berikut ini.
  1. Dekat Dengan Target Pasar
Pertama tentukan dulu jenis usaha apa yang akan Anda buka, barulah setelah itu Anda bisa menentukan target pasar. Misalnya Anda ingin membuka toko mainan anak-anak, berarti target pasar Anda adalah anak-anak. Oleh karena itu pilihlah lokasi yang memungkinkan toko Anda berdekatan dengan lokasi target pasar Anda. Misalnya di dekat sekolah atau di dekat taman bermain.
  1. Mudah Dilihat
Terkadang lokasi usaha menjadi sulit ditemukan karena lokasinya yang tertutup oleh bangunan lain. Jadi supaya usaha Anda lebih lancar dan lebih mudah ditemukan orang, carilah lokasi yang mudah terlihat. Namun apabila memang sulit dan tidak memungkinkan, Anda bisa menambahkan banner atau penunjuk arah yang menarik perhatian supaya orang lebih mudah mengetahui keberadaan lokasi usaha Anda.Memilih Area Bisnis yang Menjanjikan dan Berpotensi
  1. Akses Jalan
Faktor penting lainnya yang perlu Anda perhatikan saat memilih medan usaha adalah akses jalan di sekitar lokasi usaha Anda. Pilihlah lokasi yang sangat strategis dan banyak dilalui oleh orang-orang. Misal Anda bisa membuka toko di lokasi yang menjadi akses jalan menuju sekolah, kampus, kantor, pasar, dan sebagainya yang pastinya akan banyak dilalui orang setiap hari.
  1. Berbagi Area
Medan usaha yang potensial biasanya adalah medan yang sudah banyak ditempati oleh pebisnis lain. Pasalnya tanpa Anda harus melakukan riset pasar lagi, Anda sudah mengetahui bahwa lokasi tersebut sangat strategis untuk berbisnis. Akan tetapi Anda harus lebih siap untuk bersaing dengan para kompetitor yang sudah lebih dahulu memulai usahanya
  1. Biaya Sewa atau Harga Beli
Hal lain yang juga tak kalah pentingnya untuk Anda pertimbangkan adalah biaya sewa atau harga beli lokasinya. Misalnya pemilik lokasi tersebut memberikan pilihan untuk menyewa tempat ataupun membeli tempatnya. Nah, apabila harga beli tempat tersebut lebih murah ketimbang harga sewanya, lebih baik Anda membeli tempat tersebut meskipun dengan cara kredit.
  1. Legalitas
Supaya bisnis yang Anda jalankan aman dari gusuran ataupun sanksi dari pihak-pihak tertentu, lebih baik Anda cari tahu lebih dalam mengenai legalitas medan usaha yang Anda pilih. Pasalnya aspek legalitas ini sangat berpengaruh bagi usaha Anda di kemudian hari.
Nah, itu tadi adalah enam faktor-faktor penting yang menjadi kriteria medan bisnis yang baik dan potensial. Semoga Anda bisa memilih lokasi usaha yang lebih baik lagi dan menunjuang kesuksesan bisnis Anda.

 

No comments:

Post a Comment