Sunday, August 21, 2016

10 Peluang Usaha yang bisa dijalankan Pelajar

Peluang usaha untuk pelajar akhir-akhir ini mulai banyak dilirik para pelajar Indonesia terutamanya yang sedang duduk di bangku sekolah menengah atas (SMA) atau sekolah kejuruan (SMK). Sudah banyak pelajar yang berpikir untuk menjalankan sebuah bisnis dan menghasilkan uang atas usahanya sendiri. Tujuannya bermacam-macam seperti ingin mendapatkan uang saku tambahan, meringankan sedikit beban orang tua dalam membiayai pendidikan seperti membayar uang sekolah atau membeli buku, untuk ditabung agar bisa melanjutkan ke pendidikan yang lebih tinggi yaitu kuliah setelah lulus nanti dan ada juga yang ingin mendapatkan pengalaman kerja.
Berikut ini akan dibahas 10 peluang usaha untuk pelajar yang dapat dijalankan di sela-sela kegiatan sekolah :
  1. Memberi les privat
    Khususnya bagi anda para pelajar SMA, Anda dapat memberikan pelajaran tambahan kepada beberapa pelajar yang masih duduk di bangku SD atau SMP. Pelajaran tambahan yang dapat diberikan bermacam-macam seperti matematika, bahasa inggris, serta ilmu pengetahuan alam dan sosial. Selain memberikan pelajaran tambahan berupa materi pelajaran di sekolah, jika anda mempunyai kemampuan mengolah keterampilan tangan misalnya membuat bunga dari plastik sedotan atau kertas minyak, anda juga dapat memanfaatkannya sebagai sebuah bisnis.
  2. Menjual pulsa elektrik
    Teman-teman anda di sekolah pastinya sebagian besar memiliki alat komunikasi berupa ponsel atau jenis gadget. Di jaman sekarang, kebutuhan seperti telepon, pesan singkat atau sms dan internet sudah tidak asing lagi bagi para pelajar khususnya yang mulai menginjak remaja. Menjual pulsa elektrik bisa menjadi peluang usaha untuk pelajar yang dapat dilakukan secara sederhana dan modal awal yang terjangkau serta tidak mengganggu aktivitas sekolah. 
  3. Menjadi penulis
    Bagi anda yang mengikuti kegiatan jurnalistik di sekolah atau mempunyai hobi menulis, mengapa tidak anda manfaatkan hal tersebut sebagai suatu peluang untuk berbisnis? Anda dapat menjadi penulis artikel, cerpen atau novel yang bisa anda promosikan di internet. Anda juga bisa menulis sinopsis sebuah film atau buku, dan hal Siapa tahu ini merupakan langkah awal anda menjadi penulis hebat.
  4. Membuka bengkel motor mini
    Peluang ini terutama bagi para pelajar SMK yang memiliki kemampuan perbengkelan seperti mengganti ban, ganti oli, dan memasang lampu. Anda dapat bekerja sama dengan beberapa orang teman anda dalam membuka usaha ini. Dengan begitu, pekerjaan anda akan menjadi lebih mudah. Anda bisa membuka bengkel tersebut di sore hari setelah pulang sekolah. Selain itu ini juga bisa meningkatkan keterampilan anda agar menjadi terbiasa dan terlatih sehingga akan memudahkan saat sudah lulus nanti.
  5. Membuka bisnis kuliner
    Para pelajar jurusan tata boga di sekolah kejuruan pastinya dapat melihat bisnis ini sebagai salah satu peluang usaha untuk pelajar yang dapat dijalankan. Bisnis kuliner yang dijalankan mulai dari yang sederhana terlebih dahulu seperti membuka sebuah kedai kecil yang menawarkan aneka makanan dan minuman seperti kebab, hotdog, burger, dan minuman bersoda.
  6. Jasa penginstalan aplikasi dan update software
    Jika anda mempunyai hobi yang berhubungan dengan hal ini, anda bisa menjadikannya sebagai sebuah bisnis yang dapat menguntungkan anda. Promosikan bahwa anda membuka jasa beberapa penginstalan aplikasi yang cukup banyak dipakai di jaman sekarang seperti photoshop, coreldraw, dan office (word, excel, powerpoint) serta dapat mengupdate software laptop seperti windows 7 dan windows 8.
  7. Menjual kue
    Di sela-sela pergantian pelajaran, jam istirahat atau jam kosong, anda bisa membawa beberapa jenis kue seperti kue sus atau risoles dan menjajakannya kepada teman-teman sekelas anda. Peluang usaha untuk pelajar ini dapat dilakukan dengan mudah dan modal terjangkau.
  8. Jasa pembuatan desain baju
    Di sekolah tentunya ada beberapa klub seperti klub basket, jurnalistik, dan klub kegiatan sekolah lainnya. Biasanya mereka membutuhkan identitas untuk klub mereka seperti misalnya baju seragam. Nah, jika anda mempunyai kemampuan dalam hal mendesain baju, anda bisa membuat beberapa desain dan menawarkannya kepada klub tersebut.
  9. Bisnis Fotokopi
    Membuka sebuah fotokopian kecil di sekolah tentunya akan sangat bermanfaat bagi para siswa. Peluang usaha untukpelajar yang satu ini bisa anda lakukan untuk menambah uang saku anda. Tetapi tentu saja fotokopian tersebut tidak bisa anda jaga sepanjang jam sekolah karena anda juga harus mengikuti pelajaran. Sebagai alternatif, anda bisa menjaganya saat jam istirahat dan pulang sekolah.
  10. Menjual alat tulis dan peralatan sekolah lainnya
    Anda dapat membuka sebuah koperasi kecil-kecilan di kelas yang menjual berbagai macam alat tulis seperti pensil, spidol, bolpoint, buku tulis, dan penggaris. Teman-teman anda pasti akan tertarik membeli pada koperasi anda dibandingkan dengan membeli di luar lingkungan sekolah. Jadi bisnis ini cukup bisa anda perhitungkan sebagai sebuah usaha.
Jika anda seorang pelajar dan berminat untuk menjalani salah satu dari bisnis di atas, tidak ada salahnya jika anda mencobanya peluang usaha untuk pelajar dari sekarang. Selain dapat untuk menambah uang saku, usaha-usaha yang anda lakukan bisa melatih keterampilan dan kreatifitas anda sejak awal dan menjadi sebuah pengalaman kerja ketika sudah lulus nanti. Jadi jangan takut untuk mencoba selama hal tersebut adalah kegiatan yang positif. Anda juga harus pintar membagi waktu antara belajar dan berbisnis. Jangan sampai bisnis yang anda lakukan tersebut mengganggu kewajiban anda sebagai seorang pelajar. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment